Saturday, June 2, 2018

Cara Mencuci Mobil Setelah Proses Nano Ceramic Coating




Nano ceramic coating adalah langkah perlindungan bodi mobil dari paparan sinar UV dan air hujan yang bisa menyebabkan cat tampak memudar. Anda bisa melakukan proses ini di bengkel mobil yang memiliki jasa detailer yang ahli di bidangnya. Proses pengerjaan nano ceramic bisa mencapai waktu 2-3 hari tergantung jenis kendaraan Anda. Jika proses sudah selesai, biarkan nano ceramic mengering setidaknya 6 jam sebelum mobil Anda terkena air. 

Nah, bagaimana cara mencuci mobil setelah proses nano ceramic coating selesai?
Anda tidak perlu bingung soal mencuci mobil setelah proses coating selesai. Tak perlu cairan khusus, shampoo atau wax sebab Anda bisa menggunakan air bersih biasa. Berikut langkah-langkah pencucian yang benar setelah mobil selesai coating


  1. Parkir kendaraan atau posisikan mobil di tempat yang tidak langsung terkena cahaya matahari dan pilih waktu yang baik seperti sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam. 
  2. Persiapkan selang dan air bersih dari PDAM sebab memiliki kadar keasaman yang rendah. Jika menggunakan air tanah biasa, Anda harus segera mengeringkan setelah pencucian.
  3. Cuci bagian velg terlebih dahulu sebelum merambah ke bodi mobil. Langkah mencuci velg yang benar adalah semprot dengan PH balance shampoo untuk velg, sikat bagian dalam menggunakan spoke wheel brush dan bagian luar menggunakan wash mitt, bagian kunci bisa dibersihkan menggunakan callper brush lalu bilas dengan air sampai bersih. 
  4. Bilas bodi mobil menggunakan air dan sprayer. 
  5. Anda bisa menggunakan sabun mobil untuk kendaraan yang terkena kotoran lumpur. Bisa menggunakan spray foam gun dari atas hingga ke bagian bawah secara menyeluruh. 
  6. Jika sudah selesai membersihkan mobil dengan sabun, ulangsi proses penyiraman menggunakan air hingga benar-benar bersih. 
  7. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengeringkan mobil secara hati-hati menggunakan kain microfiber. Sebaiknya siapkan dua kain microfiber yang berguna untuk mengelap bekas air yang pertama, sedangkan kain yang lain untuk mengelap bagian bekas air yang tidak terangkat pada saat pengelapan yang pertama.

Anda harus mengeringkan dengan cara mengelap mobil ini satu arah saja agar tidak menyebabkan goresan dan lain-lain. Jika memiliki tembakan angin, bisa mengeringkan sisa air yang ada di sela mobil Anda. 

Hal yang harus diperhatikan saat mencuci mobil pasca proses coating selesai adalah menghindari penggunaan sponge dan kanebo. Permukaan busa atau sponge yang berongga bisa menyebabkan bekas noda atau kotoran masih menempel hingga mengakibatkan swirl. Sedangkan kanebo memiliki permukaan yang kasar sehingga bisa menyebabkan terciptanya sarang laba-laba setelah proses pencucian mobil selesai. 

Pencucian dan perawatan mobil yang benar bisa membuat lapisan coating bertahan lebih lama. Lakukan perawatan setidaknya 6 bulan sekali demi menjaga kualitas coating yang tetap optimal. Jika Anda menginginkan proses coating yang menjamin kualitas, bisa datang langsung ke Lumens Auto Detailer sekarang juga.


EmoticonEmoticon