Wednesday, August 1, 2018

Beragam Jenis Pilihan Investasi Reksadana

Satelit Blog- Investasi sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin. Berinvestasi menjadi sebuah jalan bagi setiap orang untuk mempersiapkan masa depan sebaik mungkin. Apalagi bagi anda yang sudah memiliki penghasilan dan berencana untuk menikah, sangatlah penting untuk mempersiapkan finansial anda dengan cara berinvestasi.

Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa anda pilih. Salah satu bentuk investasi yang bisa dilakukan adalah investasi reksadana. Reksadana bisa disebut sebagai sebuah wadah untuk berinvestasi melalui beragam instrumen pasar keuangan. Bagi anda yang masih pemula di dunia investasi, tentu anda harus tahu lebih banyak lagi sebelum yakin untuk berinvestasi reksadana.


 
Investasi reksadana itu sendiri terbagi menjadi beberapa macam. Kali ini kita akan membahas beragam macam investasi reksadana. Dengan memahami apa saja pilihan jenis investasi reksadana maka anda akan bisa menentukan mana jenis investasi yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan sekaligus kemampuan.

Jenis-Jenis Reksadana
Inilah dia beberapa jenis investasi reksadana :

1.    Reksadana Pasar Uang
 
Reksadana pasar uang memiliki arti dana yang diinvestasikan akan ditempatkan dalam bentuk deposito di SBI (Sertifikat Bank Indonesia) serta obligasi. Reksadana pasar uang dinilai aman dan memiliki resiko yang kecil serta jatuh temponya singkat yaitu kurang dari satu tahun.

2.    Reksadana Pendapatan Tetap
 
Reksadana jenis ini akan mengarahkan dana yang anda investasikan ke dalam bentuk obligasi dengan nilai minimal 80%. Dari segi keuntungan, investor bisa mendapat keuntungan hingga 10% setiap tahunnya.

3.    Reksadana Campuran
 
Reksadana campuran merupakan jenis investasi reksadana yang dinilai paling menguntungkan. Namun dengan keuntungan yang besar ini resiko yang ditanggung oleh investor juga besar. Reksadana campuran merupakan konsep investasi reksadana yang menggunakan beragam peraturan dari jenis-jenis reksadana lainnya (campuran).

4.    Reksadana Proteksi

Reksadana terproteksi merupakan investasi reksadana yang menempatkan dana investasi dalam bentuk obligasi. Konsep reksadana yang satu ini memiliki resiko yang sangat kecil dan cocok untuk dicoba oleh para pemula.

5.    Reksadana Index

Reksadana index merupakan program investasi yang konsepnya hampir sama dengan saham. Reksadana index ini bisa diperjualbelikan melalui Exchange Traded Fund atau ETF.
Setelah mengetahui apa saja jenis reksadana yang ada, maka anda sudah memiliki gambaran reksadana seperti apa yang bisa anda pilih. Pilihlah jenis reksadana yang paling sesuai dengan kemampuan dan tujuan anda. Jangan memaksakan diri dan pilihlah yang sekiranya paling menguntungkan bagi anda.

Bagi para pemula, mungkin informasi ini masih terlalu umum dan perlu digali lebih jauh lagi. Untuk mendapatkan informasi lebih rinci mengenai setiap jenis program reksadana, anda bisa berkonsultasi dengan pihak yang lebih berpengalaman di dunia investasi. Lakukan konsultasi secara langsung sehingga anda bisa memilih jenis investasi yang paling tepat dan menguntungkan.


EmoticonEmoticon