Sunday, December 2, 2018

Seluk Beluk Software ERP Indonesia



Software adalah kata yang sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia yang ada hubungannya dengan gadget. Software merupakan sebuah perangkat lunak yang biasanya terdapat pada telepon seluler, tab, laptop atau Personal Computer.

Software sudah banyak dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia namun kalau software ERP Indonesia mungkin masih banyak yang belum mengenalnya. Oleh karena itulah setelah ini akan dibahas tentang seluk beluk software ERP yang diterapkan di Indonesia.

Sejarah Software ERP Yang Ada Di Indonesia

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. Berpuluh-puluh tahun yang lalu, tepatnya di awal tahun 1960 ERP memiliki konsep yang berbeda dengan yang ada saat ini. Dahulunya ERP diartikan sebagai konsep dari manajemen yang diimplementasikan untuk inventaris. Selain itu juga jaman dulunya ERP dipakai untuk mengawasi bidang produksi atau manufaktur.

Sepuluh tahun kemudian di tahun 1970 ERP mengalami perubahan program menjadi MRP, yang merupakan akronim dari Material Requirements Planning. Inventarisnya dimonitor dan dilaporkan. maksimal.

Sepuluh tahun berikutnya, yakni pada tahun 1980, MRP bermetamorfosa lagi namanya. Tetap bernama MRP namun artinya berubah menjadi Manufacturing Resource Planning. Di dalam program ini kegiatan manufaktur atau produksi lebih ditingkatkan lagi prosesnya.

Tiga puluh tahun selanjutnya, di tahun 1990, terjadi perubahan lagi menjadi ERP, untuk selanjutnya kita kenal sebagai software ERP Indonesia sampai dengan sekarang. Program ini tidak mengkhususkan secara spesifik pada produksi melainkan ke sistem produksi, yang cakupannya lebih luas. Di dalam program ERP ini semua bagian bisa dilibatkan, salah satu contohnya adalah bagian keuangan.

Penggunaan Dari Software ERP Indonesia

Jika dikaitkan dengan namanya, yaitu software ERP Indonesia maka yang pertama kali tersirat di benak semua orang adalah software ini hanya bisa diaplikasikan atau digunakan untuk perusahaan yang skalanya sudah enterprise, yang bisnisnya sudah masuk dalam skala besar, perusahaan raksasa.

Padahal sesungguhnya tidaklah demikian. Perusahaan pemula sudah bisa menggunakan program software ERP Indonesia ini. Hanya memang pengimplementasiannya tidaklah sama. Di perusahaan-perusahaan kecil diterapkan dalam bentuk start up business. Tapi yang pasti software ERP dapat membuat perusahaan di Indonesia menjadi berkembang.


EmoticonEmoticon