Sunday, December 30, 2018

Yuk, Ajari Anak Membaca Dengan Metode Glen Doman


cara mengajari anak membaca

Cara mengajari anak membaca memang susah-susah gampang. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Hal yang pertama perlu Mam lakukan adalah menanamkan kecintaan anak terhadap buku, dan ini bisa dilakukan sejak dini. Sewaktu kecil biasakan anak melihat buku baik yang penuh dengan gambar-gambar, hingga membiasakan anak melihat kedua orang tuanya disibukkan dengan aktivitas membaca buku. 

Berikut beberapa langkah cara mengajari anak membaca dengan mudah dan menyenangkan:

  • Buatlah suasana saat belajar membaca menjadi menyenangkan. Dengan suasanya yang nyaman dan menyenangkan, anak tidak akan mudah merasakan ketegangan atau perasaan tertekan yang dapat mengganggu kelancaran proses belajar. Sekali-kali ajaklah anak bercanda atau bernyanyi, bahkan melakukan permainan yang bisa membuatnya menjadi lebih rileks. Jika anak telah siap dan dalam kondisi nyaman barulah proses belajar dimulai kembali.
  • Jangan terburu-buru dalam mengajarkan sesuatu. Dalam mengajari anak membaca Mam harus mengikuti pola anak, jika ia tipe yang sedikit lambat, ikutalah ritme belajarnya yang seperti itu. Begitu juga sebaliknya, jika ia senang dengan ritme belajar yang cepat, maka Mam juga harus menyamai kecepatannya. hal ini dilakukan agar anak tidak mudah merasa bosan atau kesal ketika sedang dalam proses belajar. Anak yang bosan tidak akan bisa dengan mudah menangkap pelajaran yang telah dijelaskan Panjang lebar.
  • Jika terlihat keadaan mood anak tidak memungkinkan, maka ada baiknya jika kegiatan belajar ditunda terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku untuk Mam, jika tengah dalam kondisi yang tidak mood atau sedang banyak pikiran, sebaiknya kegiatan belajar tersebut dihentikan terlebih dahulu.
  • Selalu temukan cara baru dalam belajar membaca sehingga otak anak dapat menerima berbagai macam cara dan proses kreativitasnya akan semakin terasah dengan baik.

Metode Glen Doman

Di bawah ini beberapa tahan belajar membaca menggunakan metode Glen Domen yang terbagi dalam beberapa tahapan, seperti dijelaskan berikut ini:

Metode Glen Domen Tahap I

Pada tahapan ini Mam mengajarkan anak kata, bukan huruf. Ini dikarenakan dalam sebuah Bahasa atau kalimat, unsur terkecilnya adalah kata, bukan huruf. Selain itu kata lebih bersifat konkrit dan dapat merujuk kepada sebuah objek, subjek, atau perbuatan. Sementara hurus sendiri lebih bersifat abstrak.

Tentunya mengajarkan anak-anak terhadap hal yang konkrit jauh lebih mudah ketimbang harus menjelaskan sesuatu yang memiliki sifat abstrak yang justru akan membuat ia berpikir terlalu mendalam.

Metode Glen Domen Tahap II

Pada tahap kedua ini, yang perlu Mam persiapkan adalah 15 kata yang telah ditulis menggunakan spidol dan kemudian dibagi dalam 3 set kategori. Masing-masing set dikategorikan ke dalam:

  • Kartu set A yang berisikan tulisan nama anggota keluarga seperti ayah, ibu, kakak, adik, atau kakek dan nenek.
  • Kartu set B yang bertuliskan nama buah-buahan. Seperti apel, nanas, pisang, dan nama buah lainnya.
  • Kartu set C yang berisiskan nama-nama hewan, sebut saja ayam, ikam, kuda, kucing, anjing, atau binatang lainnya.
Setelah kartu set tersebut siap yang perlu dilakukan adalah mengambil salah satu kartu dalam tumpukan karton pada kategori A. kemudian Mam membacakan tulisan yang tertera pada kartu tersebut. Yang perlu diingat adalah tidak perlu mengulang-ulang membacakan tulisan tersebut. Cukup pinta anak untuk menirukan.

Ketika dalam tahapan ini, perhatikan wajah anak saat menyebutkan kata yang tadi diucampak oleh Mam. Biasanya wajahnya akan menunjukkan kata yang ia sukai atau tidak. Jika telah 5 kata diucapkan kemudian berhentilah, dan berikan pelukan setulus mungkin kepada anak. Berikanlah ia pujian atas kehebatannya dalam belajar tadi. 

Lakukan aktivitas ini beberapa kali dengan mengganti jenis kategori kartu yang diambil sampai dirasa ia cukup memahami tulisan dan bacaan yang tertera pada setiap kartu.Demikian cara mengajari anak membaca dengan mudah dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon