Saturday, March 16, 2019

Cara memilih alpukat yang bagus dan matang



Seperti kita ketahui alpukat adalah buah yang kaya akan  kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Banyak manfaat yang didapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Alpukat bagus untuk semua usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, bahkan ibu hamil. Seperti postingan di berfaedah.com yang judulnya kaya nutrisi! Inilah manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Memang banyak kandungan dari alpukat yang akan membantu perkembangan janin dalam kandungan.

Tapi kali ini tidak akan membahas itu tetapi kita akan membahas bagaimana sih memilih alpukat yang bagus dan matang? Yuk simak

Banyak dari kita bingung bagaimana sih caranya memilih alpukat yang matang dan bagus. Karena memang gampang-gampang susah. Tingkat kematangan alpukat kadang sulit ditebak. Dan jika udah salah. Wah, kita akan mendapatkan alpukat yang keras dan pahit. Biar tidak salah pilih, yuk simak tips-tips berikut :

1.   Hindari memilih alpukat dengan warna kulit hijau cerah

Perlu anda ketahui alpukat tidak bisa matang di pohon. Jadi untuk menjadikan alpukat matang harus dipetik dulu kemudian disimpan agar menjadi masak. Lah, biasanya alpukat akan siap di panen jika sudah berwarna hijau cerah dan kulitnya halus. Maka dari itu jangan memilih alpukat yang kulitnya hijau cerah sudah bisa dipastikan dalamnya masih mentah dan pahit. Pilihkan alpukat yang warna kulitnya hijau tua atau kehitaman. Dengan memilih yang seperti itu kemungkinan alpukat sudah dalam keadaan matang.

2.   Pilihlah alpukat dengan tekstur yang empuk

Salah satu ciri alpukat sudah matang yaitu daging buah yang sudah empuk. Untuk mendapatkan tekstur daging buah yang seperti ini anda dapat nemenkan daging buah alpukat pada beberapa bagian. Jika sudah empuk merata kemungkinan besar alpukat sudah matang. Jangan anda menekan hanya satu bagian aja. Karena bisa jadi yang anda tekan empuk bukan karena matang tapi karena memar atau busuk.

3.    Kupas kulit buah alpukat

Ciri-ciri alpukat yang sudah matang adalah mudah dikupas. Jadi jika anda ingin memastikan buah itu sudah matang atau belum kupaslah kulitnya, jika susah dibuka berarti belum matang dan sebaliknya.

4.   Pilihlah alpukat yang biji buahnya sudah terlepas

Salah satu ciri alpukat yang sudah matang adalah yang bijinya sudah terlepas. Kalau sudah dibuka buahnya memang mudah untuk melihat bijinya sudah terlepas atau belum, tapi jika belum dibuka bagaimana cara mengetahuinya? Mudah, anda tinggal goyangkan buah alpukatnya jika sudah terdengar bunyi, berarti buah sudah terlpas dan itu tanda nya alpukat sudah matang.

5.   Pilihlah alpukat yang ringan

Buah alpukat yang sudah matang beratnya akan menurun jadi jika diangkat akan lebih ringan. Jadi pilihlah alpukat yang lebih ringan. Jangan malah pilih yang berat. Karena yang berat berarti masih mentah.

6.   Pilihlah alpukat yang sisa batang buahnya berwarna hijau

Alpukat saat dipetik akan disisakan batang buahnya pada bagian bawah alpukat. Untuk melihat alpukat tersebut sudah matang atau belum ambil aja sisa batang lnya itu jika setelah anda ambil bekasnya atau lubangnya berwarna hijau itu artinya alpukat sudah matang tetapi jika berwarna coklat itu tandanya sebaliknya alias masih mentah.


Bagaimana? Sekarang sudah bisa memilih buah alpukat yang bagus dan sudah matang?. Yaps silahkan dipraktekkan. Ada satu hal lagi nih yang penting. Kita kan sering tuh ya makan buah alpukat hanya separuh dan menyimpan separuhnya lagi untuk dimakan nanti. Ada tips nih biar sisa alpukat yang belum kita makan gak busuk. Pilihan pertama yaitu dengan menyimpamnya di wadah yang kedap udara kemudian disimpan di kulkas atau jika anda tidak memiliki wadah yang kedap udara anda dapat menesteskan perasan lemon di atas daging buah alpukatnya, dengan begitu alpukat anda akan awet, tidak busuk, dan juga tidak berwarna coklat akibat mengalami oksidasi. Tapi jika anda ingin menyimpan alpukat yang masih utuh anda tinggal memasukkan alpukat ke dalam kulkas tanpa diberi apapun. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon