Thursday, April 4, 2019

Bagaimana Cara Mencari dan Hindari Berbagai Kesalahan Saat Mencari Rumah Kontrakan Murah



Bagaimana cara mencari rumah kontrakan murah? Hindari berbagai kesalahan saat mencarinya. Kami akan menjelaskan cara-cara mencari rumah kontrakan murah dan berbagai tips agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang akan terjadi dalam pemilihan rumah kontrakan.  Mempunyai rumah merupakan impian setiap orang. Rumah yang aman dan nyaman bagi keluarga. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam membeli rumah termasuk biaya yang cukup besar yang harus disiapkan. Apabila Anda saat ini belum dapat membeli rumah pribadi, mengontrak sebuah rumah merupakan alternatif yang dapat diambil. 

Tetapi, tidak mudah juga dalam mencari rumah kontrakan murah yang akan menjadi tempat tinggal sementara bagi kita dan keluarga. Mencarisebuah rumah kontrakan ternyata tidak semudah yang dibayangkan, karena selain faktor harganya, juga sama seperti rumah sendiri karena itu perlu pertimbangan matang saat mencarinya Bagi Anda yang belum mempunyai rumah sendiri, atau Anda sedang dalam perantauan, maka berhati-hatilah dalam mencari rumah kontrakan murah. Karena, salah mencari bisa membuat Anda menyesal selama masa kontrakan itu.

Berikut Ini Beberapa Tips yang Diberikan dalam Mencari Rumah Kontrakan Bagi Anda.


1. Harga Sewa yang Terjangkau

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mencari rumah kontrakan merupakan, pilihlah rumah kontrakan yang harga sewanya cukup terjangkau menurut kemampuan Anda. Mencari rumah kontrakan sebaiknya di sesuaikan dengan budget atau kemampuan finansial. Dalam hal mencari rumah kontrakan Anda harus tau bahwa ada yang mempunyai sistem bayar per bulan dan ada juga yang per tahun. Pilihlah harga yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda, dan buat sistem pembayaran anda bisa negosiasikan dengan pemilik rumah. 

2. Lakukan Survei Rumah Terlebih Dahulu

Tentunya, harga disini harus disesuaikan juga dengan fasilitas yang diberikan. Jangan sampai Anda ingin mendapatkan harga yang amat murah, tetapi meminta yang mempunyai fasilitas lengkap. Itu sangat jarang ada. Jika sudah ditemukan, sebaiknya langsung lakukan survei dengan pemilik rumah. Perhatikan dengan teliti tentang kondisi rumah apakah dilengkapi fasilitas seperti yang Anda inginkan, dan apakah rumah tidak mengalami kerusakan seperti genteng bocor, kamar mandi yang bermasalah dan lain sebagainya. Buat mendapatkannya sebaiknya lakukan survei bukan hanya ke satu rumah, carilah beberapa rumah, catat kekurangan dan kelebihan masing-masing.Jadi, bandingkan dulu dengan di tempat lainnya dengan harga yang sama, maka apa semua fasilitas rumah yang diberikan?

3. Lokasi Dekat dengan Aktivitas Rutin, Rumah Ibadah dan Fasilitas Umum

Dirangkum dari Liputan6 properti, pilihlah rumah kontrakan yang lokasinya terletak dekat dengan aktivitas Anda. Misalnya jika Anda bekerja, maka pilihlah salah satu rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja Anda. Jika Anda mahasiswa, Anda juga harus mencari kontrakan yang dekat dengan kampus Anda, dan masih banyak lagi contohnya.Selain itu yang harus diperhatikan dalam mencari rumah kontrakan merupakan, pilihlah rumah yang dekat dengan tempat ibadah. Apalagi apabila Anda merupakan seorang Muslim, maka ini harus Anda prioritaskan. Dekat di sini berarti bisa Anda jangkau hanya dengan berjalan kaki. Akan sangat terasa menguntungkan bila lokasi rumah kontrakan tidak jauh dari fasilitas umum. Fasilitas umum disini bisa pasar atau swalayan, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya.

4. Lingkungan yang Aman dan Nyaman

Pilihlah rumah kontrakan yang memang bersih dan berada di lingkungan yang bersih juga. Ini sangat penting, karena dengan tinggal di rumah dan lingkungan yang bersih, akan menjaga Anda tetap bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih itu sangat penting sekali contohnya jauh dari selokan-selokan yang berbau tidak enak dan lainnya, jauh dari tempat pembuangan sampah umum, jauh dari sisa-sisa pembuangan limbah pabrik, jauh dari polusi pabrik dan lain-lain. Mencari rumah kontrakan di lingkungan yang bersih itu menjadi hal yang sangat-sangat penting. Karena bila Anda tinggal di tempat yang kotor dan kumuh, bahayanya akan mempengaruhi kesehatan Anda dan Anda akan mudah terserang penyakit.

Anda juga harus mencari rumah kontrakan yang ada di daerah aman. Aman di sini diartikan seperti aman dari maling, dari kerusuhan dan lainnya. Percumajika Anda tinggal di rumah yang bagus, bersih, harga sewa murah, tetapi banyak pencuri dan perusuh? Karena jika Anda sampai kecurian barang atau sering dengar kerusuhan, berarti Anda telah rugi dan merasa tidak nyaman. Lebih parahnya lagi, jika ternyata tempat tinggal Anda merupakan lokasi yang rawan terjadi konflik dan kerusuhan. Wah, Anda pasti lebih rugi lagi. Karena, kenyamanan Anda akan hilang dengan seketika. Bahkan Anda harus menghentikan usaha Anda jika Anda telah membuka usaha. Oleh karena itulah, tempat tinggal yang aman harus Anda perhitungkan. 

5. Pilih dengan Cermat

Karena rumah kontrakan merupakan rumah yang akan ditempati dalam jangka waktu lumayan lama, maka sebisa mungkin harus sesuai dengan harapan. Butuh pertimbangan matang sebelum memutuskan mengontrak sebuah rumah agar tidak menyesal dikemudian hari.
Itulah beberapa cara alternatif mencari rumah kontrkan murah. Tapi ingat, mencari rumah kontrkan murah jangan keburu nafsu. Bandingkan harganya dengan rumah yang di kontrakan di sekitarnya.


EmoticonEmoticon